Pages

Cara Menginstall Joomla di Linux Ubuntu

Cara Menginstall Joomla di Linux Ubuntu - Hai sobat setia Tips dan Trik Komputer semuanya, pada postingan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai cara menginstall joomla di linux ubuntu. Sebelumnya ada yang kenal ama joomla gak ? bagi yang baru kenal ato belajar Joomla itu adalah Sistem manajemen konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0.

Fitur-fitur Joomla diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL. Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili yang mengandung arti "kebersamaan".

Disini saya bukan menjelaskan mengenai seluk beluk Joomla, melainkan bagaimana Cara menginstal Joomla dari Linux Ubuntu 

Berikut langkah-langkahnya :

1. Masuk ke Terminal Linux
2. Buat direktori dimana Joomla itu akan diletakkan dengan cara " mkdir /opt/lampp/htdocs/joomla”
3. Setelah membuat direktori untuk Joomla tadi dengan nama direktori "joomla", selanjutnya letakkan file joomla tadi ke direktori yang sudah dibuat yaitu /opt/lampp/htdocs/joomla dengan cara perintah “unzip Versi Joomla yang dibuat -d /opt/htdocs/joomla/”
4. Setelah dibuat jangan lupa mengubah permission folder htdocs dan subfoldernya agar mudah kita edit. caranya “chmod 777 -R /opt/lampp/htdocs/”
5. Aktifkan Xampp yang di install dengan cara " /opt/lampp/lampp start
6. Untuk menguji buka browser dan masukkan alamat “localhost/joomla”

Related Post



Post a Comment